3 Tips membuat ARF lebih baik

Banyak pabrik yang mendesign dan membuat Pesawat ARFnya dapat membuat para pilot rc bangga untuk menunjukan koleksinya, dan menerbangkannya untuk jangka waktu bertahun tahun. Dan sekarang ini ARF di buat semakin bagus baik dari segi kualitas, kemampuan terbang dll. Saya juga merupakan salah seorang penggemar pesawat ARF, karena lebih cepat di rakit, namun disamping itu saya juga menginginkan agar pesawat dapat tetap terbang untuk jangka waktu 10 tahun sekalipun. Ini saya mau memberikan beberapa trik agar waktu kamu merakit ARF kamu selanjutnya bisa awet dan memperpanjang umur terbangnya

1. Seal Seluruh bagian covering yang terlepas
Ini merupakan kunci utama dalam merakit ARF yang menggunakan sistem shrink cover. Gunakan Setrika khusus atau Hot gun untuk menempelkan dan mengeraskan bagian bagian Cover yang lepas. namun hati hati jangan terlalu panas kalo tidak cover akan meleleh. Pehatikan bagian khusus seperti bagian mesin, bagian dudukan sayap. setelah semuanya di seal gunakan CA sepanjang garis atau setiap akhir cover agar tidak terlepas kembali.

2. Buat Firewall Tahan Fuel
Setelah beberapa penerbangan, bagian firewall mesin atau bagian mesin pesawat nitro atau gasoline akan mulai menunjukan kerusakan apabila tidak dilindungi dengan baik. Chek bagian areal ini, jika dibutuhkan Cat, epoxy atau CA kembali sebagai pelindungan. (cover plastik biasanya tidak akan memiliki kekuatan yang cukup untuk melindungi bagian ini). Cat dapat di cat kan dibagian ini, atau juga Dengan epoxy namun terlebih dahulu bersihkan bagian yang akan diepoxy dengan alkohol. CA juga dapat digunakan, namun kamu karus meratakannya dengan jari agar seluruh bagian permukaan rata terkena CA.

3. Check Bagian bagian yang memiliki Join Stress Tinggi
Setiap bagian perpotongan yang menggunakan lem di cek secara seksama dari retak ataupun patah. Kerusakan bisa saja terjadi akibat pengiriman. Ketika melakukan pengecekan, perhatikan bagian bagian yang memiliki stress cukup tinggi seperti sayap, stabiliser, rudder dan firewall, tempat landing gear, dan tempat servo, perbaiki kerusakan dengan CA atau epoxy dan perkuat dengan balsa segitiga, plywood atau fiberglass.

SUMBER : http://www.silverarrowhobby.com

0 BERIKAN KOMENTAR: (+add yours?)

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA

"SCODETA CAMP"

SALAM PRAMUKA
PRAHARA 83